Jenis Jenis Jambu Air

 Jenis Jenis Jambu Air

Jambu air memiliki banyak jenis yang beredar di Indonesia. selain Jambu madu deli, ada beberapa jambu air yang rasanya enak, empuk dan manis. Di bawah ini akan dijelaskan secara jelas jenis jenis jambu air yang patut anda coba tanam di kebun anda masing masing. 

Camplong

Jambu Camplong diduga berasal dari Desa Slabayan, Kecamatan Samplong, Kabupaten Sampang Madura. Bentuk buah membulat segitiga. Warna buah bagian luar ada yang merah, ada yang putih. Daging buah bertekstur halus dan empuk, citarasa manis dan segar (buah berkulit merah kehijau-hijauan); berwarna putih, tekstur agak padat, citarasa manis (buah berkulit putih). Bobot buah rata rata 80- 100 gram per buah dengan tingkat produktivitas 300-800 buah per pohon per tahun di usia dewasa.

 
jambu air camplong
Jambu Air Cincalo

Cincalo artinya jambu enak dan manis. Jambu yang sangat enak dan tidak berbiji ini berasal dari desa Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kabupaten Tangerang Banten. Ada dua macam warna buah yang dikenal orang; yaitu merah dan hijau. Cincalo merah berukuran paling besar. Sebutan lainnya cincalo gondrong. Buahnya memanjang sekitar 7 cm, diameter ujung sekitar 6 cm. Cincalo merah juga ada yang ukuran buahnya lebih kecil, bentuknya seperti lonceng, tetapi agak gemuk membulat bagian tengahnya. Kadang kadang berbiji, tetapi umumnya tidak. Jambu ini banyak ditanam petani di daerah Bojonggede Bogor. Dahulu dikembangkan para ahli Belanda di kebun buahan Pasar Minggu sekitar tahun 1920 an. Buah cincalo hijau berwarna hijau. Bentuk dan ukurannya tidak jauh berbeda dengan Cincalo merah berukuran kecil. Rasanya juga enak, renyah dan segar dan manis.
jambu air cincalo


Jambu Air Citra

Jambu air citra ditemukan oleh Dr Ir Moh Reza Tirtawinata pada 1990  di Anyer Banten. Keunggulannya terletak pada sosok buah yang besar menyerupai lonceng dengan bobot rata rata 100 gram dan bisa mencapai 250 gram per buah, kulit buah mulus mengilap berwarna merah menyala. Daging buah tebal, empuk, rasa manis (12-15 briks) dan tanpa biji. Di musim kemarau bisa menembus 18 briks. Jambu itu dibawa ke Thailand pada 1999 dan mulai dibudidayakan secara luas. Frekuensi berbuah tiga kali setahun dengan tingkat produktivitas 300-400 buah per pohon per musim.
jambu air citra

 Jambu Air Dalhari


Jambu Dalhari berasal dari Desa Jogotirto Kecamatan Berbah Sleman Yogyakarta. Bentuk buah mirip lonceng, cenderung membulat tanpa pinggang. Warna buah merah tua polos tanpa noda, diseliringi garis garis membujur kecoklatan. Daging buah tebal, renyah, tanpa serat, citarasa manis sedikit asam. Bobot buah 125 gram. Mulai berbuah di umur 2 tahun dari bibit cangkok umur 6 bulan setinggi 50 cm. Produktivitas 500 kg per musim pada usia 5 tahun dan terdaftar sebagai varietas unggul nasional di Tahun 2004. 
jambu air dalhari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prospek Cerah Budidaya Jambu Madu Deli

Syarat Tumbuh Budidaya Jambu Madu Deli